Wednesday 12 October 2011

MENEPATI JANJI

Allah Azza wa Jalla berfirman:"Dan penuhilah janji,sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggung jawabannya."(QS.Al-Isra':34)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash r.anhuma,bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:"Ada 4 sifat yang ada pada diri seseorang maka ia adalah munafik tulen.Dan apabila ada salah satu sifat dari 4 sifat itu,maka ia telah ada salah satu sifat munafik pada dirinya sehingga ia meninggalkannya:
   1.Jika dipercaya berkhianat
   2.Jika berbicara dusta
   3.Jika berjanji ia mungkir
   4.Jika berselisih ia curang."(HR Bukhari:34 Muslim:2314)

Diriwayatkan dari Jabir ra,ia berkata:"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadaku:"Sekiranya nanti telah datang harta dari Bahrain,maka aku akan memberimu sekian,sekian dan sekian."Namun sampai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam wafat,harta kekayaan dari Bahrain tak kunjung datang.Ketika harta kekayaan dari Bahrain datang,maka Abu Bakar menyuruh seseorang untuk berseru,"Barang siapa yang ada janji atau menghutangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam maka hendaklah ia menghadap kami."Kemudian aku menemui Abu Bakar dan aku berkata,"Sessungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  pernah menjanjikan  aku begini dan begini."Lalu Abu Bakar mengambil satu genggam dan diberikan kepadaku.Setelah aku hitung,uang itu sejumlah lima ratus.Lantas Abu Bakar berkata kepadaku,"Ambillah dua kali lipat dari jumlah itu."(HR Bukhari:2296 Muslim:2341)

No comments:

Post a Comment