Wednesday 5 October 2011

Macam-macam Syafa'at


 Ada berbagai macam syafaat:
1.yang terbesar adalah SYAFAAT UDZMA(syafaat besar).Yang tejadi pada saat manusia dikumpulkan pada hari kiamat,setelah lima puluh ribu tahun manusia berdiri menunggu  keputusan urusan mereka,lantas Nabi Muhammad SAW memberikan syafaat di sisi Rabbnya dan memohon kepada_Nya untuk memutuskan urusan mereka.Syafaat ini hanya di miliki oleh pemimpin kita Muhammad SAW dan merupakan kedudukan terpuji yang dijanjikan untuk beliau SAW.

2.SYAFAAT untuk meminta di bukanya pintu surga.Orang yang pertama kali minta dibukakan pintu surga adalah Nabi kita Muhammad SAW dan umat yang pertama kali masuk surga adalah umat beliau

3.SYAFAAT untuk sekelompok kaum yang telah diperintahkan untuk dimasukkan kedalam api neraka,agar tidak jadi memasukinya.

4.SYAFAAT untuk pelaku maksiat dari kalangan ahli tauhid yang telah masuk neraka,agar dikeluarkan darinya.

5.SYAFAAT untuk meninggikan derajat sekelompok penghuni surga.Ketiga macam SYAFAAT terakhir ini(syafaat ketiga ,keempat,kelima) tidak dikhususkan untuk Nabi kita,tapi beliau adalah yang diberi kesempatan terlebih dahulu.Setelah beliau,yang memberi syafaat adalah para Nabi,malaikat,orang-orang sholeh, dan para syuhada'.

6.SYAFAAT untuk sekelompok manusia agar masuk surga tanpa HISAB.

7.SYAFAAT untuk mendapatkan keringanan azab bagi sebagian orang kafir.SYAFAAT ini adalah khusus bagi Nabi SAW untuk paman beliau Abu Tholib,agar azabnya diringankan.
Kemudian Allah dengan rahmat-Nya mengeluarkan sekelompok orang yang meninggal dunia dalam keadaan bertauhid dari api neraka,tanpa syafaat dari siapapun.Jumlah mereka tidak ada yang bisa menghitung kecuali Allah SWT,lalu dimasukkan kedalam surga dengan Rahmat-Nya.

No comments:

Post a Comment