Friday 7 October 2011

Ikhlas...Membantu Mewujudkan Cita-Cita

Dalam satu hadis diceritakan telah datang seorang arab badui kepada Rasulullah SAW maka iapun beriman kepada Nabi dan mengikuti Nabi SAW,kemudian ia berkata kepada Nabi "Aku akan hijrah bersamamu".Maka Nabi pun meminta sebagian sahabat untuk memperhatikan orang ini.Maka tatkala terjadi peperangan Nabi memperoleh ghonimah,maka Nabi pun membagi-bagikan ghonimah tersebut dan Nabi membagikan juga pada orang ini.Nabi pun menyerahkan ghonimah ini pada para sahabat (untuk diberikan pada orang ini).Dan orang ini tugasnya adalah menjaga bagian belakang pasukan.Tatkala ia datang,maka sahabatpun menyerahkan ghonimahnya kepadanya.Ia pun berkata,"Apa ini?mereka menjawab"ini adalah bagianmu yang diberikan Nabi SAW untukmu.Ia pun mengambilnya lau menemui Nabi SAW dan berkata kepada Nabi,Apa ini?Nabi berkata"Aku membagikannya untukmu".Kemudian ia berkata kepada Nabi "Aku tidak mengikutimu karena ini,akan tetapi aku mengikutimu supaya aku di panah dengan anak panah di sini(seraya mengisyaratkan tangannya di lehernya),lalu aku mati dan masuk surga".Nabi pun berkata"Jika niatmu benar maka Allah akan mengabulkannya".Tidak lama kemudian para sahabat bangkit dan maju di medan perang melawan musuh.Lalu setelah perang,orang ini pun di datangkan kepada Nabi sambil dipikul dalam kondisi lehernya telah ditembus anak panah.Lalu Nabi berkata"Apakah ini adalah mayat orang itu?mereka berkata "benar",Nabi berkata"niatnya benar,maka Allah mengabulkan(keinginannya)".Lalu Nabi menkafani orang ini dengan jubah beliau SAW.Kemudian Nabi meletakkan mayat orang ini di depan lalu menyolatkannya.Dan diantara do'a Nabi tatkala menyolatkan orang ini"Ya Allah..ini adalah hambaMu telah keluar berhijrah kejalanMu,lalu ia pun mati syahid dan aku bersaksi atas hal ini.(HR An Nasai,dishahihkan Syeikh Al albani dlm At targhib wat tarhib).

No comments:

Post a Comment